KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSTRAAN

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTERAAN

Ø Pengertian Kesusasteraan

Hampir disetiap zaman, sastra mempunyai peranan yang lebih penting. Alasan pertama, karena bahasa digunankan oleh semua kalangan manusia dan dan hampir diseluruh kegiatan manusia. Kesustraan membawa manusia menjadi Homo Humanus, yang mana mempelajari nilai dan tanggung jawab. Selain itu juga mencakup filsafat, teologi, seni, dan cabang- cabangnya termasuk sastra, sejarah, cerita rakyat dan sebagainya.

Ø Hubungan Ilmu Budaya dengan Prosa

Prosa sering di sebut juga dengan narrative fiction, prose fiction atau hana fiction saja, yaitu yang didefinisikan sebagai bentuk cerita atau prosa kisahan yang mempunyai pemeran, lakuan, peristiwa dan alur yang dihasilkan oleh daya khayal atau juga imajinasi, yakni seperti untuk roman, novel atau cerita pendek.


Ilmu Budaya Dasar dan kesusastraan adalah dua hal yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia didalam masyarakat. Karena budaya itu ada karena kebiasaan dan kelakuan  manusia. Sedangkan kesusastraan adalah hal yang selalu digunankan di setiap aktifitas manusia itu sendiri.

Kesimpulannya Kesusastraan sangat berhubungan erat dengan Ilmu budaya dasar. Menciptkan budaya baik dimulai dari sebuah ucapan kata-kata yang baik pula. Oleh karena itu didalam Mempelajari Ilmu Budaya Dasar para mahasiswa juga belajar tentang kesusastraan.

Comments

Popular posts from this blog

SURAT KETERANGAN KESEHATAN ROHANI DAN JASMANI UNTUK PERSYARATAN MENGURUS NIDN

SELLY: SI KEYBOARD AJAIB UNTUK PENJUAL ONLINE