MANUSIA DAN CINTA KASIH

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Ø Pengertian Cinta Kasih

Rasa suka atau sayang atau juga kasih maupun ketertarikan adalah pengertian tentang cinta menurut kamus umum bahasa Indonesia karya WJS Poerdarminta. Dari sumber yang sama pengertian kasih adalah  perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan pengertian yang memilki makna yang hampir sama maka kasih akan memperkuat adanya cinta itu sendiri.
Meski memiliki makna yang hamper sama tetapi mempunyai pula perbedaan. Cinta lebih kepada medalamnya perasaan seseorang. Sedangkan kasih itu wujud dari adanya cinta tersebut. Dengan kata lain kasih itu bersumber dari cinta.

Ø Cinta Menurut Ajaran Agama

Agama merupakan ajaran yang mutlak kebenarannya tidak dapat di ganggu gugat oleh apapun dan siapapun. Agama mengajarkan banyak hal untuk kehidupan manusia. Termasuk juga tentang cinta.
Dalam kehidupan manusia, cinta menampakkan diri dalam berbagai bentuk. Kadang-kadang seseorang mencintai dirinya sendiri. Kadang-kadang mencintai orang lain.
Cinta menurut ajaran agama ada beberapa macam,yaitu;
·         Cinta Diri yaitu Dimana seseorang menjaga dirinya sendiri dari hal-hal yang negative, mengembangkan potensinya, dan yang terpenting adalah mengaktualisasikan dirinya di dalam kehidupan ini yang bertujuan untuk kebaikan dirinya sendiri
·         Cinta Kepada Sesama Manusia yaitu dimana manusia hidup didalam  kehidupan yang serasi. Keserasian ini akan muncul dengan sendirinya karena merupakan anugrah dari Yang Maha Kuasa. Dengan rasa cinta ini pula akan menciptakan banyak kebaikan dan kedamaian.
·         Cinta Kepada Rasul yaitu dimana seseorang menjalankan apa yang telah dicontohkan oleh panutan manusia, yaitu rasul. Menjalankan kebiasaan rasul sangat dianjurkan oleh agama. Karena banyak hal kebaikan yang perlu kita teladani dari beliau.


Ø Kasih Sayang

Dalam kehidupan manusia kasih sayang itu merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini tumbuh dari cinta. Manusia tidak bisa hidup tanpa adanya kasih sayang.Kasih sayang itu bisa ke siapapun ke orangtua, pasangan, anak, tetangga, teman atau kerabat dekat lainnya.
Didalam kasih sayang akan ada tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka. Jadi kasih sayang akan menciptakan kesatuan. Dan yang paling penting dari kasih sayang itu sendiri adalah komunikasi yang berjalan dengan baik.

Ø Hubungan Manusia dengan Cinta Kasih

Cinta memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, sebaba cinta merupakan landasan dalam kehidupan misalnya perkawinan dan keluarga. Cinta, kasih dan sayang selalu menyelimuti kehidupan manusia. Cinta kasih yang tlus akan membawa kebahagiaan yang begitu indah apabila selalu dialirkan kearah positif. Tanpa cinta hidup manusia akan hampa, karena pada dasarnya mencintai dan dicintai adalah kodrat dari Tuhan yang merupakan anugrah terindah. Dimana Tuhan memberi kita hati untuk merasakan cinta.
Oleh karena itu Cinta kasih ini perlu dijaga dengan baik untuk kebahagian kita semua. Demi Terciptanya kehidupan yang Sejahtera.


Comments

Popular posts from this blog

SURAT KETERANGAN KESEHATAN ROHANI DAN JASMANI UNTUK PERSYARATAN MENGURUS NIDN

SELLY: SI KEYBOARD AJAIB UNTUK PENJUAL ONLINE