MANUSIA DAN HARAPAN

MANUSIA DAN HARAPAN
Harapan adalah kekuatan untuk bertahan hidup. Manusia yang hidup tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup. Bahkan orang yang meninggal sekalipun masih mempunyai harapan yang berupa wasiat kepada ahli warisnya.

Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi, sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi, atau menjadi kenyataan bukan sebagai khayalan belaka.

Harapan itu bergantung kepada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup, dan kemampuan masing-masing. Harapan itu merupakan motivasi untuk mencapai semua tujuan yang akan diraih. Harapan juga harus  berdasarkan kepercayaan baik kepada Tuhan Yang Maha Esa atau pun kepada kemampuan diri sendiri. Oleh karena itu haruslah diimbangi dengan usaha dan doa.

Manusia pada hakekatnya lahir dengan kodrat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ini alamiah terjadi ketika Tuhan meniupkan arwah pada setiap jasad manusia. Manusia juga terlahir pada keaadan yang berbeda-beda dengan ini akan timbul rasa untuk memenuhi kebutuhan dengan kata lain mempunyai harapan untuk menciptakan yang lebih baik dari sebelumnya.

Harapan membuat manusia yang jatuh menjadi bangkit, yang lemah menjadi kuat, yang bodoh menjadi pintar, yang miskin menjadi kaya, yang kekurangan menjadi berkecukupan. Manusia harus terus memelihara harapannya karena ini satu-satunya cara untuk terus melangkah menghadapi hidup ini.

Manusia yang tidak mempunyai harapan berarti  tidak punya pegangan untuk menjalani hidup. Tidak tahu apa yang harus dilakukan ,tidak mengerti akan apa tujuan hidup. Hidup akan datar dan tidak menentu. Sedangakan yang mempunyai harapan akan mendapatkan sebaliknya. Akan punya pegangan untuk terus melangkah, untuk terus bertahanm untuk maju dan ada pegangan ketika jatuh,dan  jawaban ketika bimbang.

Harapan dapat berupa macam-macam keinginan, misalnya keinginan untuk hidup yang lebih baik dan sejahtera, harapan untuk menjadi sosok yang cerdas, harapan untuk menjadi orang yang serba kecukupan, harapan untuk menciptakan perdamaian dunia, dan masih banyak harapan-harapan lainya.

Harapan selain di matangkan didalam pikiran ,juga harus di tuangkan ke dalam usaha dimana harapan itu menjadi pegangan kemana melangkah, tetapi usaha lah yang juga perlu ditingkatkan. Kerja keras dalam mencapai sesuatu itu sangat penting. Selain itu semua kita seorang makhluk itu punya Sang Pencipta yang bisa melakukan apa saja sesuai keinginannya. Oleh karena itu janganlah sekalipun sebentar pun melupakan-Nya. Karena atas izinNya lah kita dapat mewujudkan semua harapan. Jadi terus berdoa setelah kerja keras itu adalah hal yang mutlak untuk tercapainya suatu harapan.

Comments

Popular posts from this blog

SURAT KETERANGAN KESEHATAN ROHANI DAN JASMANI UNTUK PERSYARATAN MENGURUS NIDN

SELLY: SI KEYBOARD AJAIB UNTUK PENJUAL ONLINE