MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Setiap Manusia pastilah memiliki pandangan hidup karena ini bersifat kodrati. Juga karena manusia mempunyai masa depan yang mana diri masing-masinglah yang menentukan. Pandangan hidup itu artinya adalah pendapat dan pertimbangan, yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat dan pertimbangan ini merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman hidupnya.

Pandangan hidup ini muncul dalam proses yang lama dan terus-menerus, sehingga dapat diuji kenyataannya dan dapat diterima oleh akal dan logika. Pandangan hidup berasal dari asalnya ada tiga macam, yaitu berasal dari agama yang mutlak kebenarannya. Kedua, berasal dariideologi, yang terdapat pada negara tersebut. Dan yang terakhir itu berasal dari renungan manusia berdasarkan pengalaman hidup.

Cita-cita merupakan pandangan hidup untuk yang akan datang. Karena cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada didalam pikiran. Dan setiap waktu berusaha mewujudkannya menjadi suatu kenyataan. Keinginan, harapan, dan tujuan ini mirip seperti garis linear yang mana semakin tinggi dan terus meninggi. Akan tetapi ada tiga factor yang menyebabkan manusia mencapai cita-citanya, yaitu;

·         Faktor Manusia Diri manusia itu sendirilah yang mampu memggapai apa yang mereka inginkan. Semua tergantung kualitas yang diciptakan oleh individu masing-masing melalui usaha dan kerjakerasnya.
·         Faktor Kondisi Hal ini terkadang mempermudah atau juga bahkan mempersulit pencapaian cita-cita, karena manusia dilahirkan dengan nasib yang berbeda.
·         Faktor Tingginya Cita-cita Hal ini dapat menjadi senjata yang paling tajam karena keinginan yang kuat akan memotivasi diri sendiri menuju pencapaian cita-citanya. Sesungguhnya harapan adalah kekuatan terbesar.
Hal yang paling penting dalam mewujudkan cita-cita adalah USAHA dan PERJUANGAN. Usaha dan perjuangan itu adalah kerja keras sampai memperoleh apa yang benar-benar diinginkan. Tanpa usaha dan perjuangan manusia tak ada artinya. Karena yang dapat bertahan hidup adalah yang terus berjuang dan tidak akan pernah menyerah. Meski hambatan banyak di hadapi, akan tetapi hal inilah yang member pengalaman dan mendewasakan agar menuju kearah keberhasilan pencapaian cita-cita. Kerja keras itu dapat berupa otak, yaitu dengan kemauan menuntut ilmu, kemauan untuk berfikir dan menggunakan kemampuan otaknya untuk menghasilkan pemikiran yang nantinya membantu dalam penwujudan cita-cita. Selain itu tenaga atau perjuangan jasmani juga amatlah perlu, karena dari hasil pemikiran akan bisa terlaksana jika kita mau menggerakan jasmani kita untuk melakukan usaha- usaha dimana semata-mata untuk menuju kea rah kesuksesan. Kerja keras juga itu pada hakekatnya menghargai dan meningkatkan martabat manusia itu sendiri.
Selain usaha dan perjuangan ada hal yang juga tidak kalah pentingnya dalam penwujudan cita-cita, hal itu adalah KEYAKINAN dan KEPERCAYAAN. Keyakinan dan kepercayaan itu benar-benar sangat dibutuhkan, karena manusia punya Tuhan yang Maha Segalanya, yang bisa saja melakukan, mewujudkan hal apapun, bahkan hal yang mustahil menurut logika manusia. Oleh karena itu setelah menempuh perjuangan dan kerjakeras, tak luputlah kita berserah diri kepada Tuhan YME, mohon pertolonganya agar member apa yang kita inginkan dan kita telah usahakan.
Dalam berpandangan hidup manusia membutuhkan langkah-langkah yang baik, diantaranya;
·         Mengenal “Tak kenal maka tak sayang” mengenal adalah sifat manusia yang kodrati yang mana manusia diharuskan mengenal satu sama lain, juga mengenal lingkunganya.
·         Mengerti , mengerti akan pandangan hidup diri sendiri.
·         Menghayati, menghayati setiap langkah, dari langkah awal untuk melaksanakan pandangan hidup.
·         Meyakini, yakin terhadap Tuhan, kemampuan diri sendiri, dan yakin akan setiap langkah.
Manusia itu wajib memiliki pandangan hidup, yaitu untuk peta dalam melalui hidupnya. Lalu di yakini dengan cara berfikir tentang isi peta itu, lalu di visualisasikan dengan “blue print “ dan selanjutnya di lanjutkan dengan usaha dan kerja keras untuk mencapai semua keinginan. Ingatlah Harapan itu adalah kekuatan untuk bertahan. Sebagai manusia marilah kita membuat pandangan hidup diri kita yang mana akan membawa kita menuju kea rah keberhasilan.
           

Comments

Popular posts from this blog

KONFLIK ANTARA DANONE AQUA DAN MASYARAKAT KLATEN-JAWA TENGAH