Cara Komputer Melakukan Komputasi Pengurangaan dan Membentuk Minu



Komputer pada dasarnya hanya dapat melakukan komputasi penambahan (add). Lalu bagaimana cara computer melakukan komputasi pengurangan?. Komputer melakukan komputasi pengurangan dengan meminuskan. 


  Dan cara membentuk minus  ada dua cara;

1         2. SIGN
Cara sign ini membentuk minus dengan menambahkan bit lain pada bilangannya yang disebut bit tanda atau sign bit . Konvensi umum yang telah diterima adalah bahwa 0 pada sign bit menyatakan bilangan positif dan 1 pada sign bit menyatakan bilangan negatif.

Misal:
Register A = 1011111(2)
0 pada bit paling kiri adalah sign bit yang menyatakan negatif. Dan Enam bit yang lain menyatakan besarnya bilangan yaitu sama dengan -31.

Sign bit digunakan untuk menunjukkan apakah bilangan biner yang disimpan adalah positif atau negatif. Untuk bilangan-bilangan positif, bit-bit selebihnya (selain sign bit) selalu digunakan untuk menyatakan besarnya bilangan dalam bentuk biner. Tetapi untuk bilangan-bilangan negatif ada dua bentuk yang digunakan untuk menyatakan besarnya bilangan biner yaitu bentuk bentuk komplemen ke 1, dan bentuk komplemen ke 2.

2. COMPLEMENT
Ø  One Complement
Bentuk komplemen ke 1 dari setiap bilangan biner diperoleh dengan mengubah setiap 0 di dalam bilangan tersebut menjadi 1, dan setiap 1 di dalam bilangan menjadi 0. Dengan kata lain mengubah setiap bit menjadi komplemennya.


Ø  Two Complement
Bentuk komplemen ke 2 dari suatu bilangan biner dibentuk dengan mengambil komplemen ke 1 dari bilangannya dan dengan menambahkan 1 pada posisi least significant bit.

Comments

Popular posts from this blog

KONFLIK ANTARA DANONE AQUA DAN MASYARAKAT KLATEN-JAWA TENGAH