Danone AQUA; Kebaikan Alam, Kebaikan Hidup

Aqua, sebuah merek air minum kemasan(AMDK) pertama di Indonesia yang didirikan oleh PT Golden Mississippi pada tahun 1973. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar dibandingkan dengan merek AMDK lain, sehingga Aqua menjadi  merek AMDK yang paling terkenal dan terpecaya. Saat ini, terdapat 14 pabrik yang memproduksi Aqua dengan kepemilikan berbeda-beda (3 pabrik dimiliki oleh PT Tirta Investama, 10 pabrik dimiliki oleh PT Aqua Golden Mississippi, dan 1 pabrik di Brastagi, Sumatera Utara dimiliki oleh PT Tirta Sibayakindo).

Ide didirikannya Aqua timbul ketika seorang bernama Tirto Utomo yang merupakan pegawai Pertamina bertugas menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat. Namun jamuan itu terganggu ketika istri ketua delegasi mengalami diare yang disebabkan karena mengonsumsi air yang tidak bersih. Tirto kemudian mengetahui bahwa tamu-tamunya yang berasal dari negara Barat tidak terbiasa meminum air minum yang direbus, tetapi air yang telah disterilkan.

Asal usul hadirnya Aqua bertujuan untuk menciptakan Indonesia sehat, tidak lagi meminum air rebusan yang tidak steril. Hal inilah yang menjadi alasan pertama akan ketertarikan saya pada Aqua, bahkan ingin menjadi bagian dalam perusahaan. Untuk menjaga tujuan  tersebut Aqua memastikan kemurnian semua hasil produknya selalu terjaga. Kemurnian yang selalu terjaga diperoleh dari usaha- usaha sebagai berikut;
  • Pada tahun 1982, Tirto mengganti bahan baku (air) yang semula berasal dari sumur bor menjadi mata air pegunungan yang mengalir sendiri (self-flowing spring) karena dianggap mengandung komposisi mineral alami yang kaya nutrisi seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan sodium.
  • Pada tahun 1984, Pabrik AQUA kedua didirikan di Pandaan, Jawa Timur sebagai upaya mendekatkan diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut. Setahun kemudian, terjadi pengembangan produk Aqua dalam bentuk kemasan PET 220 ml. Pengembangan ini membuat produk Aqua menjadi lebih berkualitas dan lebih aman untuk dikonsumsi.
  • Pada tahun 1995, Aqua menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari. Pemrosesan air dan pembuatan kemasan AQUA dilakukan bersamaan. Hasil sistem in-line ini adalah botol AQUA yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi, sehingga proses produksi menjadi lebih higienis.
Alasan kedua yang membuat saya tertarik pada Produsen AMDK ini adalah keinginan saya untuk memperluas sistem distribusi yang telah diperbaiki oleh Willy Sidharta. Willy Sidharta adalah seorang sales dan perakit mesin pabrik pertama Aqua yang menciptakan konsep delivery door to door. Pada dasarnya sistem distribusi Aqua sudah sangat baik, akan tetapi menurut saya perlu adanya perluasan ke daerah- daerah terpencil di pelosok Nusantara. Saya ingin mereka yang tinggal di daerah pelosok manapun pada akhirnya seperti iklan Aqua di televisi yaitu dimana sekumpulan masyarakat Nusa Tenggara Timur dan Maluku berkata “Sekarang ditempat beta sudah ada air bersih”.

Selain dapat memperluas sistem pendistribusian ke daerah plosok, menjadi bagian penting dalam perusahaan Aqua akan memberi banyak kepuasan batin bagi jiwa saya. Karena Aqua dapat menjadi sumber penghasilan untuk orang banyak, seperti tukang asongan, pemilik toko kelontong, pemilik restoran atau café, dan lain sebagainya. Kepuasan batiniyah ini yang menjadi Alasan Ketiga saya tertarik pada Produsen AMDK Aqua.
Seperti yang dikatakan oleh Bapak Dr. Aries Budi Setiawan,            
“Jika ingin berbisnis, hasilkanlah produk yang paling memberi manfaat bagi orang banyak”

Sebagai manusia normal yang didasari oleh pemikiran dari sisi ekonomi, alasan terakhir saya adalah penghasilan yang cukup besar jika bekerja di perusahaan ini. Hal ini terbukti dari hasil penjualan produk Aqua yang terbilang sangat tinggi. 

Inilah beberapa alasan saya memilih Aqua menjadi organisasi yang paling menarik. Air adalah sumber kehidupan. Oleh karena itu, kebutuhan akan air bersih, baik itu air untuk cuci mandi kakus (CMK) ataupun air mineral untuk minum adalah hak untuk setiap individu, meski pada kenyataannya harus mengeluarkan uang untuk mendapatkannya.

Tugas Teori Organisasi Umum : Merivew organisasi yang membuat anda tertarik.
Dosen                                     : Dr. Aries Budi Setiawan

Comments

Popular posts from this blog

SURAT KETERANGAN KESEHATAN ROHANI DAN JASMANI UNTUK PERSYARATAN MENGURUS NIDN

SELLY: SI KEYBOARD AJAIB UNTUK PENJUAL ONLINE