ANALISIS SWOT DANONE AQUA


    STRENGTH
  1. Aqua telah memiliki brand yang sangat kuat dikalangan masyarakat, bahkan umumnya dijadikan majas metafora untuk penyebutan sebuah air minum kemasan walaupun bukan bermerek Aqua.
  2. Kualitas sumber mata air selalu terjaga. Lokasi mata air Aqua senantiasa berada jauh dari pemukiman penduduk. Faktor ini penting dilakukan demi mencegah rembesan limbah pemukiman di sekitar sumber mata air. Kemurnian sumber air Aqua, dijaga dan dilindungi untuk mencegah rembesan air tanah atau air hujan.
  3. Dengan upaya penjagaan kualitas tersebut,  Aqua mendapat pencitraan yang sangat baik dikalangan masyarakat. Pencitraan yang baik ini membuat masyarakat memilih Aqua sebagai kebutuhan pokok air minum. Hal ini menyebabkan Aqua menjadi AMDK pertama dengan penghasilan yang sangat tinggi.
  4. Kemudahan memasarkan produk karena selain masyarakat telah percaya akan kualitas yang selalu terjaga, masyarakat dapat menemukan agen Aqua dimana-mana karena jumlahnya yang sangat banyak.
  5. Kemasan Aqua semakin beragam ( dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon ).
  6. Kesuksesan Aqua sangat ditunjang oleh para karyawannya yang mempunyai loyalitas dan dedikasi tinggi serta berpengetahuan luas dan mendalam, baik di bidang masing-masing maupun secara umum.
  7. Menjadi pelopor kemasan gelas plastik di dunia sehingga kini menjadi standar industri. Aqua pula yang mempelopori peralihan dari PVC ke PET. dan Aqua pula yang mempelopori konsep fully integrated manufacturing yang memungkinkan produksi terpadu air minum dan botol kemasannya mulai dari tingkat biji plastik.


  1. Harga produk Aqua  ditentukan oleh kebijakan harga yang disebut  kebijakan harga wholesaler. Antara lain yaitu geographical price quotation dan price adjusted to buyers position.
  2.  Saluran ditribusi terlalu panjang, dimana hasil produksi dari Aqua disalurkan ke distributor-distributor, kemudian disalurkan ke retailer dan pada akhirnya sampai ke tangan konsumen.
  3. Dalam penarikan karyawan Aqua masih menggunakan spoil system karena perusahaan pada awal berdiri merupakan perusahaan keluarga.
  1. Jumlah penduduk yang terus meningkat secara signifikan merupakan peluang yang sangat besar. Bertambahnya penduduk berarti bertmbah pula orang yang butuh air minum. Jadi, permintaan konsumen akan produk yang dihasilkan dapat meningkat. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan produksi penjualannya.
  2. Produk Aqua ditujukan untuk semua kalangan. Mulai dari anak-anak, dewasa, hingga golongan tua. Mulai dari Pejabat hingga rakyat bisa. Mulai dari yang kaya, menengah ataupun yang miskin. Hal ini dapat dikatakan karena air dibutuhkan oleh semua manusia.
  3. Banyak daerah plosok yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih khususnya untuk minum. 
  4. Aqua menggunakan seluruh media untuk promosi iklannya. Seperti  melalui brosur sederhana, even-even olahraga, TV, radio, koran, majalah, dan  internet.
  5. Perkembangan teknologi yang sangat cepat mendorong kemajuan dunia bisnis. Perusahaan yang mempunyai keunggulan dalam hal teknologi tentunya dapat menunjang keadaan produksi yang dihasilkan, mulai dari efektifitas dan efisiensi proses produksi yang dapat dihasilkan. 

    1.   Adanya produk palsu di pasaran yang menggunakan label Aqua.
    2.   Munculnya beragam merek air mineral dalam kemasan baru.
    3.   Sekarang ini banyak bermunculan depo-depo air minum isi ulang dikawasan padat penduduk dimana harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding Aqua.
    4.  Adanya kenaikan bahan baku untuk kemasan, seperti plastik untuk label dan bahan untuk pembuatan gallon.
    5. Pemerintah memberi peraturan kepada setiap perusahaan AMDK untuk tidak mengeksploitasi air sesuka hati.
    6. Biaya pengiklanan yang mahal.
    7.  Tidak stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.
    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Strategi WO :
    ·         Meminimalisir biaya produksi untuk dapat menentukan kebijakan harga. 
    ·         Menggunakan media promosi untuk meningkatkan brand image dari Aqua sehingga akan menigkatkan daya jual.

    Strategi ST :
    ·         Melakukan pengecekan rutin terhadap oknum-oknum yang memalsukan Aqua.
    ·         Lebih kreatif dan inovatif untuk dapat mengungguli para pesaing.
       

    Strategi WT :
    ·         Membuat saluran distribusi menjadi lebih efisien agar harga lebih mudah bersaing.
    ·         Menghilangkan kebijakan harga wholesaler untuk meningkatkan penjualan di saat ekonomi belum stabil.
    ·         Mengubah sistem penarikan karyawan.
     

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

KONFLIK ANTARA DANONE AQUA DAN MASYARAKAT KLATEN-JAWA TENGAH