SAATNYA MENJADI PEREMPUAN MELEK DIGITAL MELALUI POJOK PINTAR SISTERNET


Apa itu "Melek Digital"???

Pasti kita tidak asing lagi bukan mendengar pernyataan "hidup di milenial saat ini harus melek digital". Menurut 'American Library Association' melek digital atau digital literacy adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, membuat, mengevaluasi dan mengkomunikasikan informasi. 

Berdasarkan hasil survey tahun 2017 yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan jumlah perempuan pengguna internet di Indonesia mencapai 48,57% dan 51,43% adalah pengguna laki-laki. Selain itu, layanan yang diakses terbanyak adalah aplikasi chatting. Hal ini menunjukkan "melek digital" pengguna internet indonesia belum maksimal khususnya untuk perempuan. 

Pada 4 Maret 2019, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan PT XL Axiata TBK (XL Axiata) meresmikan POJOK PINTAR SISTERNET sebagai tempat perempuan untuk melek digital. Jadi perempuan Indonesia dapat belajar, berbagi dan memperluas wawasan mengenai isu pemberdayaan perempuan dan peluang sosial ekonomi dengan memanfaatkan teknologi digital.

Dalam acara peresmian Pojok Pintar Sisternet tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti menyatakan teknologi harus dimanfaatkan perempuan untuk lebih berdaya dan mengembangkan potensi diri, sehingga perempuan membutuhkan wahana edukasi untuk bisa berekspresi dengan nyaman. "Pojok Pintar Sisternet adalah solusinya" jelasnya.

Dari XL Axiata diwakili oleh Chief Technology Officer PT. XL Axiata Tbk, Yessie D. Yosetya menyatakan wahana belajar digital menjadi wujud nyata ekosistem komunikasi dan informatika dalam mengakselerasi kemajuan sosial dan ekonomi masyarakat dengan teknologi digital. “Pojok Pintar merupakan bagian dari upaya kami untuk mendorong kaum perempuan Indonesia untuk semakin maju secara sosial dan ekonomi,” tambahnya. 

Apa saja yang bisa dilakukan di Pojok Pintar Sisternet ???

Pojok Pintar Sisternet yang pertama ini bertempat di kantor Kementerian Kominfo, Jl. Medan Merdeka Barat 9, Jakarta Pusat. Kedepannya akan ada banyak aktivitas yang telah disiapkan, salah satunya akan ada kelas "Sister Berbicara" yang akan dibawakan oleh para ahli yang akan memandu peserta untuk mengetahui lebih dalam materi dan penggunaan teknologi informasinya. 

Materi yang akan diajarkan adalah digital parenting, kewirausahaan, fotografi jurnalistik dan lain-lain. Kelas-kelas tersebut akan dibuka setiap bulannya untuk perempuan Indonesia secara umum tanpa dipungut biaya. Gratis! 

Bagaimana cara daftar kelas Sisternet???

SISTERNET merupakan sarana perempuan untuk peduli, berbagi dan terinspirasi melalui program share-care-inspire kita bisa berbagi foto, cerita, tips hingga curahan hati melalu rubrik share. Kita juga bisa menambah wawasan untuk bekal menyampaikan kembali ilmu yang telah kita dapatkan pada program care-day. Setelah itu, kita bisa mempresentasikan personal project di program inspire.

Sebelum mendaftar kelas, kita perlu mendaftar sebagai anggota sisternet.  
Daftar disini

Untuk mendapatkan Informasi terkait dengan program Pojok Pintar dan Sisternet bisa langsung diperoleh melalui saluran digital Instagram @Sisternetid @kemenkominfo atau ke website Sisternet.

Dengan kemudahan dan dukungan yang telah diberikan oleh Kominfo dan XL Axiata, sekarang saatnya kita menjadi perempuan yang melek digital denga memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga mengajak peremuan-perempuan Indonesia untuk saling memberdayakan. Perempuan Indonesia #jadilebihbaik.  



  

Comments

Popular posts from this blog

SURAT KETERANGAN KESEHATAN ROHANI DAN JASMANI UNTUK PERSYARATAN MENGURUS NIDN

SELLY: SI KEYBOARD AJAIB UNTUK PENJUAL ONLINE