MANFAAT KUACI BAGI KESEHATAN YANG TIDAK DIKETAHUI BANYAK ORANG


Mixed Seed and Nut. Source : www.freepik.com

Siapa yang tidak mengenal cemilan kuaci? Kuaci atau biji bunga matahari merupakan salah satu camilan yang mungkin anda miliki di masa kanak-kanak. Bahkan orang dewasa pun juga sangat menggemari kuaci. Apalagi jika ditambahkan dengan bumbu penyedap rasa seperti yang dijual di pasaran, kuaci memang cukup membuat ketagihan. Namun siapa sangka di balik itu semua, kuaci memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dan bahkan belum banyak orang diketahui orang.  Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai manfaat kuaci untuk kesehatan.

KANDUNGAN BIJI BUNGA MATAHARI

Kandungan yang ada di dalam kuaci atau biji bunga matahari ini adalah hampir 90% merupakan lemak, yaitu lemak baik, lemak tak jenuh. Terkandung lemak monosaturated yang mana sangat membantu menurunkan kadar kolestrol total dan kolestrol jahat serta meningkatkan kolestrol baik di dalam tubuh. Biji bunga matahari juga merupakan sumber dari vitamin E, yang mana berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas serta mencegah sel-sel dari resiko kerusakan termasuk sel otak.
Biji bunga matahari memiliki kandungan yang kaya akan folat, dimana ini merupakan vitamin B yang memiliki peranan penting untuk meproduksi sel-sel tubuh yang baru dengan cara membantu proses pembentukan DNA dan RNA. Dan juga vitamin B12 yang sangat membantu pembentukan hemogloblin di dalam sel darah.
Selain itu ada banyak kandungan magnesium di dalamnya yang banyak bermanfaat untuk mencegah asma, mencegah sakit kepala, menurunkan darah tinggi, dan lainnya. Dan juga ada kandungan seng yang sangat bermanfaat menjaga sistem kekebalan tubuh. Dan yang paling penting, biji bunga matahari juga mengandung serat yang dapat meningkatkan kerja pencernaan dan mengontrol kadar kolestrol. Dan masih banyak kandungan baik lainnya yang tersimpan di dalam biji bunga matahari seperti vitamin B1 (Thiamin), Mangan, tembaga, selenium, vitamin B3 (Niasin), fosfor, dan  vitamin B5 (Pantothenic) dalam jumlah yang baik.
MANFAAT KUACI UNTUK KESEHATAN
  • 1. Anti Inflamasi

Kandungan vitamin E dalam biji bunga matahari memiliki sifat antioksidan yang dapat larut di dalam lemak tubuh. Vitamin E yang diserap oleh tubuh ini akan menetralkan radikal bebas yang bisa merusak jaringan-jaringan di dalam tubuh. Dengan melindungi organ dan jaringan di dalamnya, vitamin E ini mempunyai sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi gejala-gejala penyakit seperti asma, rheumatoid arthritis, dan osteoarthritis.
  • 2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Karena kandungan vitamin E yang ada di dalamnya, membuat kuaci juga memiliki manfaat penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Vitamin E adalah antioksidan utama yang membantu mencegah efek radikal bebas pada oksidasi kolestrol. Dimana kolestrol menjadi penyebab berbagai penyakit seperti serangan jantung, pembuluh darah, dan stroke. Mengkonsumsi ¼ cangkir kuaci sehari mampu menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Dan tentu saja ini akan menurunkan resiko kematian dini yang bisa disebabkan penyakit jantung. Tak hanya itu saja, vitamin E di dalamnya juga berperan dalam menetralkan radikal bebas agar kesehatan otak dan sel membran terjaga dalam melawan peradangan maupun pembengkakan. 
  • 3. Mencegah Penyakit Kanker
Manfaat kuaci yang satu ini tak boleh disepelekan. Meskipun ukurannya kecil, namun kuaci mampu mengontrol kerusakan sel dan berperan sangat penting untuk mencegah muncunya kanker. Hal ini karena kandungan selenium di dalamnya yang menjadi musuh utama dari sel kanker. Selenium sudah terbukti mampu memicu perbaikan DNA serta sintesis di dalam sel yang rusak. Dan tak hanya itu, selenium juga dapat menghambat pertumbuhan hingga mematikan sel-sel kanker. Menurut penelitian yang telah dilakukan 50 gr biji bunga matahari dalam sehari akan membantu menurunkan resiko terkena kanker kandung kemih, kanker usus besar, dan kanker prostat.

  • 4. Menurunkan Kolestrol
Seperti penjelasan diatas, kuaci akan membantu untuk menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh. Kandungan senyawa pitosterol lah yang menjadi alasannya. Senyawa yang terdapat pada tumbuhan ini mempunyai struktur kimia yang mirip dengan kolestrol. Saat dijadkan sebagai salah satu menu diet, jenis biji-bijian ini diyakini dapat mengurangi kadar kolestrol, menurunkan resiko kanker tertentu, dan juga menambah respon imun.

  • 5. Menjaga Kesehatan Tulang
Ada banyak kandungan mineral baik yang terkandung di dalam kuaci, seperti magnesium, kalsium, dan tembaga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Terlebih lagi kandungan vitamin E di dalamnya dapat membantu meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh rematik.
  • 6. Menenangkan Otot, Syaraf dan Pembuluh Darah
Kandungan magnesium yang ada pada biji bunga matahari akan sangat berperan penting dalam mengimbangi kalsium, sehingga membantu mengatur syaraf dan otot. Magnesium akan membuat syarag-syaraf seperti otot dan pembuluh darah bisa bekerja normal. Asupan magnesium yang tercukupi akan berkontribusi bagi kejang otot, tekanan darah tinggi, kram otot, migraine, dan lainnya. 
  • 7. Menyehatkan Kulit
Sudah tidak diragukan lagi, manfaat kuaci yang dapat membantu menyehatkan kulit. Hal ini karena kandungan vitamin E di dalmanya. Vitamin E yang ada di dalam kuaci akan menyehatkan dan menjaga kulit terutama dari sinar ultraviolet matahari yang dapat merusak kulit.

Comments

Popular posts from this blog

SELLY: SI KEYBOARD AJAIB UNTUK PENJUAL ONLINE