Arti Pemuda didalam Sosialisasi

I.                  Pendahuluan
A.     Latar Belakang
Apa yang akan terjadi apabila seseorang tidak pernah berhubungan dengan orang lain, bergaul atau berkomunikasi? Bisa kita bayangkan hidup seperti apa orang tersebut. Manusia adalah makhluk sosial. Seperti pada “slogan humanisme” (sumber: Novel 5cm) .
Manusia mendapatkan sesuatu dari manusia lain…
Manusia melepaskan sesuatu dari sesuatu yang lain…
Manusia menjadi manusia karena manusia lain…
Dan Manusia menjadi manusia kembali karean manusia lain…
Dari slogan humanism diatas dapat diimpulkan bahwa manusia membutuhkan manusia lain untuk bertahan hidup. Selain itu manusia memerlukan lingkungan sosial dan juga sosialisasi. Karena pada konteks awal manusia adalah makhluk sosial.

B.      Tujuan
Melalui sosialisasi, masyarakat mengajarkan kepada anak-anak mereka tentang apa-apa yang harus mereka ketahui. Tujuan dari proses sosialisasi tersebut antara lain adalah:
-          Menumbuhkan disiplin dasar
-          Menanamkan Aspirasi atau cita-cita
-          Mengajarkan peran-peran sosial dan sikap-sikap penunjangnya.
-          Mengajarkan keterampilan sebagai persiapan dasar untuk berpartisipasi dalam kehidupan orang dewasa.
II.               Tinjauan teori
Kurangnya sosialisasi pada masyarakat akan menimbulkan beberapa dampak negative dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai contoh, dapat kita lihat di sekitar masyarakat kita. Jika kita bandingkan seorang anak yang berumur Sembilan tahun, yang satu menduduki sekolah dasar yang satu lagi tidak. Dapat kita di bedakan, anak yang menduduki sekolah dasar pasti jauh lebih baik dari pada yang tidak. Karena si anak yang sekolah itu mendapatkan pengajaran dan pendidikan serta sosialisasi yang akan membentuk serta membangun pribadi yang baik. Karana di sekolah si anak tersebut akan di ajarkan banyak hal, seperti bersikap yang baik, berakhlak yang mulia, bermoral, beretika dan cerdas. Akan tetapi pada si anak yang tidak menduduki sekolah dasar, akan menjadi sebaliknya.

III.            Metodologi
Sosialisasi adalah sebuah proses yang memungkinkan seseorang belajar tentang sikap-sikap, nilai-nilai, dan tindakan yang dianggap tepat oleh masyarakat atau satu kebudayaan tertentu. Seseorang perlu belajar tentang sikap, nilai, dan tindakkan ini agar ia dapat bertahan hidup, dapat diterima, dan dapat berhubungan dengan baik didalam masyarakat tersebut.
Proses Sosialisasi memungkinkan orang berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Sehingga terhindar dari perilaku asosial. Perilaku asosial adalah perilaku yang menyimpang dari nilai dan norma masyarakat.
Bagi pemuda, sosialisasi merupakan sesuatu yang sangat penting karena pemuda mengalami proses menuju kedewasaan dimana memerlukan sosialisasi yang lebih untuk bisa membawa hidupnya menuju keadaan lebih baik dari keluarganya.
IV.            Studi kasus
Sosialisasai akan terjadi karena adanya interaksi antarmanusia. Dan hal yang perlu disosialisasikan adalah pengajaran,pendidikan dan pelatihan. Setiap orang wajib bersosialisasi akan tetapi untuk para pemuda dan pemudi sosialisasi merupakan ajang untuk menumpahkan kreatifitas juga untuk menambah wawasan dan pengalaman dari orang lain. Dengan bersosialisasi pemuda dapat menjadi pribadi yang matang,untuk menghadapi masa hadapan. Salah satu wadah nya adalah menduduki bangku kuliah atau perguruan tinggi. Karena di level pendidikan yang paling tinggi ini pemuda disebut “mahasiswa” yang mempunyai peran dan tugas khusus, yaitu menjalankan dan meneruskan perjuangan non fisik negara Indonesia.                             
V.               Pembahasan
a.     Pengertian Pemuda
Pemuda adalah suatu kelompok manusia-manusia muda yang sedang menuju proses pendewasaan, yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih baik, memerlukan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Agar dapat perjuangan dan pembangunan non fisik negara Indonesia.
Pemuda dapat pula diartikan sebagai suatu generasi yang mempunyai tanggung jawab yang besar. Dan pada dirinya dibebani berbagai macam – macam harapan, terutama dari generasi sebelumnya. Hal ini dapat dimengerti karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus, generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya, generasi yang mengisi dan melanjutkan estafet pembangunan.

b.    Pengertian Sosialisasi
·         Sosialisasi sebagai pengalaman sosial sepanjang hidup yang memungkinkan seseorang mengembangkan potensi kemanusiaannya dan mempelajari pola-pola kebudayaan. (Macionis 1997:123)
·         Sosialisasi sebagai proses dimana seseorang menginternalisasikan norma-norma kelompok tempat ia hidup, sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik. (Horton dan Hunt 1987:89)
·         Sosialisasi sebagai proses yang terjadi ketika seorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap samapi akhirnya menjadi pribadi yang sadar akan dirinya sendiri, pribadi yang berpengetahuan, dan terampil akan cara hidup dalam kebudayaan tempat ia tinggal. (Giddens 1994:60)
c.     Jenis- jenis sosialisasi
Ø  Sosialisasi primer adalah sosialisasi pertama yang dijalani  seseorang semasa kanak-kanak, dan yang berfungsi mengantar mereka memasuki kehidupan sebagai anggota masyarakat.
Ø  Sosialisasi sekunder adalah sosialisasi lanjutan dimana seseorang menjalani sosialisasi di sector-sektor kehidupan nyata di masyarakat, seperti di tempat kerja,akademi militer dan lain sebagainya.
d.    Arti Pemuda didalam Sosialisasi
Sosialisasi adalah proses wajib yang harus setiap individu lakukan. Pemuda, seseorang yang mempunyai tanggung jawab yang besar terhadapnya. Dengan sosialisasi pemuda dapat menjalani tanggung jawabnya dengan menyampaikan ide-ide kreatifnya, membangun mental kepemimpinan dan meluaskan wawasannya dengan sosialisasi.

VI.            Penutup
Manusia memerlukan sosialisasi agar potensi-potensi kemanusiaannya berkembang sehingga menjadi satu pribadi yang utuh dan anggota masyarakat yang baik. Sosialisasi memungkinkan seseorang khususnya pemuda menjadi seseorang individu yang berkepribadian utuh dan menjadi anggota masyarakat yang mampu memberi sumbangan-sumbangan positif bagi kelangsungan hidup masyarakat itu sendiri.

VII.         Daftar Pusaka
Saptono, Bambang Suteng S.2007. Sosiologi untuk SMA kelas XI . Jakarta: Phibeta
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemuda  (diakses pada 15 oktober 2011)
http://id.wikipedia.org/wiki/Sosialisasi  (diakses pada 15 oktober 2011)
(diakses pada 11 oktober 2011)







Comments

Popular posts from this blog

SELLY: SI KEYBOARD AJAIB UNTUK PENJUAL ONLINE