Apasih sebenernya teknologi itu??

               TEKNOLOGI, kata yang sering sekali kita dengar, yang selalu ada pada berbagai media. sebenarnya apa sih teknologi itu?. 
             Menurut pengertian dari Wikipedia, teknologi merupakan perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah.Yaitu metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan atau dapat pula diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
       Pengertian dari wikipedia tersebut masih sangat luas cakupannya. Jadi perlu di bagi ke beberapa bagian.   Menurut Adi putra di dalamtulisannya, teknologi di kelompokkan sebagai berikut.
  • Teknologi sebagai barang buatan
    Tidak ada manusia yang sempurna, semua pasti memiliki kelemahan. Kelemahan yang ada pada diri manusia itu kemudian diminimalisir dengan adanya teknologi agar kelemahan yang dimiliki manusiapun menjadi sedikit berkurang. Tetapi barang-barang buatan tidak hanya terbatas pada kelemahan manusia saja tetapi sesuatu yang tadinya belum terpikirkan.
  • Teknologi sebagai kegiatan manusia
    Kegiatan manusia tidak lepas dari kegiatan membuat dan menggunakan. Kegiatan manusia itu merupakan bentuk dari teknologi itu sendiri.
  • Teknologi sebagai kumpulan pengetahuan
    Kegiatan membuat dan menggunakan pasti tidak akan lepas dari ilmu membuat (produk) dan ilmu menggunakan (komsumsi). Ilmu tersebut merupakan kumpulan dari pengetahuan yang didapat manusia dari berbagai sumber.
  • Teknologi sebagai kebulatan system
    Pembahasan yang bulat dan menyeluruh akan tercapai kalau teknologi dtinjau sebagai suatu system. Ini berarti teknologi dibahas sebagai suatu kebulatan unsure-unsur yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam lingkungan system itu sendiri.
     Dari  beberapa pengertian diatas telah kita ketahui tentang apa itu teknologi. Teknologi pada saat ini telah menjadi bagian penting dalam hidup Manusia, manusia tidak akan bisa lepas dari yang namanya teknologi. Oleh karena itu hiduplah bersama teknologi akan tetapi gunakan dengan bijaksana.

Referensi ;
   http://terusbelajar.wordpress.com/2008/08/07/pengertian-teknologi/
   http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi

Comments

Popular posts from this blog

SELLY: SI KEYBOARD AJAIB UNTUK PENJUAL ONLINE