MANUSIA DAN KEINDAHAN

MANUSIA DAN KEINDAHAN


Keindahan dapat diartikan dengan bagus, permai, cantik, elok , rupawan, dan sebagainya. Keindahan merupakan bagian hidup dari diri manusia. Karena siapapun dan kapanpun dapat menikmati keindahan.

  Keindahan mempunyai nilai yaitu keabadian, yakni memiliki daya tarik yang selalu bertambah. Kecuali ada tangan – tangan perusak dari keindahan itu sendiri. Keindahan juga bersifat universal, yang berarti tidak terikat oleh tempat, selera, atau kelokalan seseorang.

Sesungguhnya keindahan itu adalah konsep abstrak yang dapat dinikmati ketika berwujud suatu karya. Atau lebih tepatnya yaitu susunan dari garis, warna, bentuk, ada, kata-kata, atau apapun yang tersusun secara selaras dan dapat dimaknai oleh seseorang yang melihatnya.  Seperti halnya; lukisan,  tulisan, film, alam, pemandangan, dan lain sebagainya.

Dalam rangka teori umum tentang nilai The Liang Gie menjelaskan bahwa pengertian keindahan dianggap sebagai salah satu jenis nilai seperti halnya nilai moral, nilai ekonomik, nilai pendidikan, dan sebagainya. Dan nilai yang mencakup segala sesuatu tentang keindahan disebut dengan nilai estetik, yaitu sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau membantu.

Keindahan dapat dinikmati oleh siapa saja tanpa adnya peraturan mengenai hal tersebut. Karena setiap individu memiliki selera atau sense terhadap karya seni yang berbeda-beda. Selera ini didukung oleh faktor-faktor yaitu kontemplasi dan ekstansi. Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah. Sedangkan Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan , merasakan , mengakui, dan menikmati sesuatu yang indah. Dua faktor inilah yang membuat sesuatu menjadi terlihat indah.

Keindahan itu pada dasarnya alamiah, yakni sudah terlebih dahulu diciptakan oleh sang pencipta. Contohnya saja alam dan  manusia. Sesuatu yang sangat sempurna adanya.



Keindahan telah menjadi bagian dari hidup seorang manusia. Keindahan perlu dijaga dan dilestarikan agar selalu bertambah pesonanya di stiap bertambahnya waktu. Tetapi jika kita lihat pad akenyataan di dunia ini banyak sekali manusia yang hanya bisa menggunakan tangannya unuk merusak hasil karya orang lain tanpa pernah menyadari bahwa karya seni itu layak untuk dihargai dan diapresiasikan. Padahal belum tentu semua orang bisa membuat karya.

Sebagai manusia yang bernilai dan bermoral haruslah kita menghargai keindahan. Mencintai keindahan berarti mencintai diri sendiri dan berarti juga menghargai Sang Pencipta Yang Maha Indah dan mencintai keindahan, mencintai keindahan juga akan mendatangkan kesejahteraaan dan kedamaian . Karena itu marilah kita semua menjadi manusia yang mengerti akan apa itu keindahan dan melestarikan keindahan. Dengan begitu akan tercipta Kesejahteraan dengan sendirinya.

Comments

Popular posts from this blog

SELLY: SI KEYBOARD AJAIB UNTUK PENJUAL ONLINE