Beragam Budaya Bukan Penghalang untuk Bersatu


Beragam Budaya Bukan
Penghalang untuk Bersatu

                        “Dari sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau… sambung-menyembung menjadi satu… itulah Indonesia. “  
               Ini adalah penggalan lagu dari sabang sampai merauke, ya Indonesia terdiri dari sabang sampai merauke yang berupa jajaran pulau-pulau yang di persatukan oleh laut. Diapit oleh dua benua, yaitu benua Asia dan benua Australia. Juga di diapit oleh dua samudra yaitu  Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Hal-hal ini membuktikan betapa strategisnya Negara kita tercinta ini. Dari sekianbanyak pulau menyebabkan banyaknya budaya yang berbeda satu sama lainnya. Karena dipengaruhi oleh letak geografis, keadaan alam, dan kebiasaan di tempat tersebut.
               Budaya itu pada dasarnya terbentuk karena kebiasaan tingkah laku manusia yang mendiami suatu wilayah tersebut. Misalnya saja yang tinggal di daerah pantai beda dengan yang didaerah pegunungan. Masyarakat suku dayak berbeda dengan suku sunda atau juga betawi. Jika kita lihat banyak sekali budaya-budaya Indonesia karena Indonesia merupakan wilayah yang amat luas.
               Dengan perbedaaan- perbedaan ini haruslah kita jadikan sebagai alat pemersatu, bukan alat untuk pemisah dan penyebab keributan. Bukannya perbedaan diciptakan untuk bersatu? Untuk melengkapi satu sama lain? . Oleh karena itu apapun budayanya marilah kita bahu membahu satu sama lain agar Indonesia ini damai dan sejahtera, tidak ada keributan didalamnya. Hiduuppp Indonesiaaa!!!...

Comments

Popular posts from this blog

SELLY: SI KEYBOARD AJAIB UNTUK PENJUAL ONLINE