MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab, adalah prase kata yang sering kali terdengar di telinga manusia, dengan wacana setiap manusia harus bertanggung jawab. Didalam kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatu, yakni memikul atau memberikan jawab atas akibat dari apa-apa yang diperbuat.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya baik disengaja atau pun tidak, ini berarti juga berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Rasa tanggung jawab ini muncul karena manusia hidup bermasyarakat didalam lingkungan alam. Tanggung jawab ini semata-mata untuk menciptakan keseimbangan, keserasian, kelarasan dan perdamaian. Tanggung jawab ini juga merupakan sifat kodrati manusia karena mau atau tidak mau perilaku manusia harus dipertanggung jawabkan, bila tidak mau pasti ada pihak lain yang memaksa meminta pertanggung jawaban tersebut.

Tanggung jawab adalah ciri manusia beradap, berbudaya. Karena ia menyadari akibat baik atau buruknya perbuatan tersebut, menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya. Tanggung jawab dibagi menjadi beberapa jenis yaitu;

·         Tanggung jawab terhadap diri sendiri
kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian. Sehinggan mampu memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri, untuk menjadi manusia bermoral.
·         Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga itu adalah masyarakat kecil. Dimana orang-orang yang ada didalamnya wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Misalnya menjaga nama baik, keselamatan, kesejahteraan,keselamatan, pendidikan, dan kehidupan
·         Tanggung jawab terhadap Masyarakat
Pada hakekatnya manusia itu merupakan makhluk sosial, yang mana tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan satu sama lain. Karena itu komunikasi sangat diperlukan. Sehingga manusia memiliki tanggung jawab di dalam masyarakatnya yakni, menghargai hak orang lain, menjaga kelestarian masyarakat, dan melaksanakan norma-norma yang ada didalam masyarakat itu sendiri.
·         Tanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara
Setiap individu adalah warga suatu negara. Ini adalah suatu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri. Dalam bertindak dan berperilaku manusia itu terikat oleh norma-norma, aturan dan hukum yang dibuat oleh negara.
·         Tanggung jawab terhadap Tuhan
Dari semua tanggung jawab kepada-Nya lah tanggung jawab yang paling penting. Karena jiwa dan raga ini semata-mata adalah miliknya dan harus dikembalikan kepadanya.

            Wujud dari tanggung jawab itu berupa PENGABDIAN dan PENGORBANAN. Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran , pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Manusia itu tidak ada dengan sendirinya, tetapi Tuhanlah yang menciptakan. Oleh karena itu manusia harus mengabdi kepada Tuhan, agama, bangsa, dan negara. Sedangkan Pengorbanan adalah suatu persembahan , yakni pemberian untuk menyatakan kebaktian yang dilakukan semata-mata ikhlas dan tulus adanya.

            Manusia dan tanggung jawab itu seperti sebab akibat yang mana apa saja yang dilakukan akan mendapatkan reaksi yang timbul, bila sebab nya positif maka akibat akan positif begitu pula yang terjadi bila negatif. Manusia perlu mempertanggung jawabkan semua hal yang diperbuat oleh karena itu sebelum melakukan sesuatu sebaiknya kita memikirkan dengan baik,  “ apa akibatnya bila saya melakukan ini, apa akibatnya bila saya melakukan itu”. pemikiran seperti ini membuat kita berhati-hati dalam bertindak. Jadi, marilah kita semua menjadi manusia yang bertanggung jawab, karena manusia di ciptakan untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatan. Yang nantinya setiap individu memperoleh balasan masing-masing sesuai apa yang diperbuat.

Comments

Popular posts from this blog

SELLY: SI KEYBOARD AJAIB UNTUK PENJUAL ONLINE