Asuransi dan Keuangan

Manusia membutuhkan uang untuk menjalani kehidupannya. Berikut ada tiga alasan mengapa manusia membutuhkan uang, yaitu:
1.      Transaksi
2.      Precautionary (pencegahan/ jaga-jaga)
3.      Speculative atau Investasi


Dalam kehidupan, manusia dilihat dari uang yang dimiliki terbagi menjadi dua, yaitu ada yang memiliki uang lebih banyak dan ada yang kurang. Kedua bagian ini saling berinteraksi satu sama lain. Bagian yang kurang akan meminjam kepada yang mempunyai lebih banyak.
Dua syarat dalam proses pinjam-meminjam umumnya sulit untuk dipenuhi. Oleh karena itu ada satu bagian lagi diantara keduanya, yaitu BANK. Bagi yang memiliki uang banyak (A), dapat menabungkannya di BANK dan akan mendapat bunga(i1). Sedangkan yang kurang(B), dapat meminjam di BANK dengan membayar bunga (i2). 
Jika suatu saat terjadi sesuatu pada B dan B belum melunasi hutangnya pada Bank, Bank akan mengalami kerugian. Lalu, Bank menjalankan bisnis asuransi kepada B, untuk mengantisipasi kejadian tersebut dengan cara B membayar sejumlah uang secara periodik dan sebagai gantinya (premi), bila terjadi sesuatu dengan B, maka hutang B dianggap lunas.
Dalam perjalanan bisnis Bank tidak bisa menjalankan bisnis asuransi itu sendirian, karena resikonya terlalu besar. Bank mengajak PT. Z untuk bekerja sama menjalankan bisnis asuransi tersebut.
Setelah diperhitungkan, PT. Z merasa berat untuk menjamin uang pertanggungan, lalu PT. Z menawarkan bisnis tersebut ke PT. K hal ini disebut REASURANSI. Setelah berjalan, PT.K merasa masih terlalu berat resiko yang akan diterimanya, sedangkan PT.K merupakan perusahaan terbesar. Lalu PT.K memutuskan untuk menawarkan bisnis ini ke perusahaan luar Negri, yaitu PT.L hal ini disebut RETROCESSI.
Karena PT. L adalah perusahaan luar negeri, PT.L tidak bisa melakukan jual beli saham di pasar modal, lalu PT.L membuat anak perusahaan di Negara tersebut untuk jual beli saham di pasar modal. Dengan kata lain, pada akhirnya PT.L akan memiliki sebagian saham Bank yang mulanya melakukan proses Asuransi tersebut.

Asuransi merupakan suatu istilah sistem atau bisnis untuk perlindungan finansial seperti jiwa, property, kesehatan dan lain-lain dengan membayarkan premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.
Gambaran tentang asuransi terdapat pada skema dibawah ini.


Pengenalan Asuransi. Mata Kuliah: Asuransi dan Keuangan
Dosen: Dr. Prihantoro

Comments

Popular posts from this blog

SELLY: SI KEYBOARD AJAIB UNTUK PENJUAL ONLINE